Saturday, June 6, 2015

CIRENG NGEJRENG

Dari kemarin di dapur mainan karbo melulu. Terigu, gula, tepung ubi. Wah, kurang sehat, nih ...

Tapi tanggung, masih ada aci (tapioka) nganggur :D Yowes, bikin satu kali lagi saja. Habis ini, bikin cemilan sehat. Atau tidak usah bikin saja sekalian. Lagian posting resep-resep yang bukan makanan spektakuler gitu di blog tiap hari juga bosan.

Apalagi pas nulis gini ada yang nuduh-nuduh apalah apalah -_-

Baiklah, mari kita ngomong soal Cireng Ngejreng, lakon kita hari ini!

Cireng, adalah aci digoreng. Masih berkerabat dengan cilok (aci dicolok) atas dasar kesamaan asal muasal. Jadi cireng dan cilok masih satu nasab. Kalau di tukang gorengan, cireng berpasangan dengan saus mpek-mpek yang asam-manis-pedas-enak. Tapi Cireng ngejreng saya hari ini mengalami perjodohan paksa dengan bumbu kacang yang saya kucuri air lemon dan taburi bawang goreng. Entah saus macam apa itu. Tambah kacau lagi karena di sebelahnya saya kecrotin sambal pedas botolan.

Oiya, rasa penyedap dalam cireng di tukang gorengan biasanya kuat sekali. Namun karena saya berusaha membuat cireng sehat, penyedap itu saya ganti dengan bubuk jamur yang gurih. Bubuk jamur ini biasa dipakai oleh para vegetarian. Jadi meski cireng bukan juga makanan yang recomended untuk diet, setidaknya tidak nyampah-nyampah amat ^^


Bahan dan bumbu :

*200 gram tepung aci (tapioka) ini dibagi dua, 50 gram dan 150 gram.

*1/4 sdt merica

*2 siung bawang putih, haluskan

*1 batang daun bawang, iris lembut

*garam secukupnya

*1 sdm terigu. Campuran terigu hanya untuk membuat cireng tidak terlalu alot.

*2 sdt bubuk jamur, atau bisa ganti dengan bubuk kaldu

*150 ml air dingin.

*siapkan juga sedikit tepung aci untuk taburan tangan saat membentuk.


Cara membuat :

*Larutkan 50 gram tepung aci dalam 150 air dingin. Lalu masak di api kecil sampai menjadi seperti lem. Ini yang dinamakan adonan biang.

*Campurkan semua bahan lainnya secara merata dalam satu wadah

*Masuka campuran bahan sedikit demi sedikit ke adonan biang sambil terus diaduk.

*Akan lebih bagus kalau pengadukan ini dilakukan dengan cara mencubiti adonan. Eh, atau mencomoti cemal-cemul gitu sampai tepung yang kering bersatu dengan lem yang lengket sehingga mrmbentuk adonan yang bisa dibentuk dengan tangan.

*Ambil sejumlah adonan yang kenyal itu, lalu bentuk menjadi bulatan pipih yang tidak terlalu tipis.

*Bila adonan sudah terbentuk semua, siapkan minyak dalam wajan.

*Goreng cireng di dalam minyak panas di atas api kecil saja supaya tidak mengembung.

*Setelah matang, tiriskan minyak dan sajikan hangat-hangat dengan sausnya.

Resep di atas menghasilkan sekitar 10 keping cireng ukuran sedang.

Oiya, saya agak keliru kemarin. Niatnya sih mau bikin cireng makin gurih dengan menambah bawang goreng dalam adonan. Tapi hasilnya kurang cantik karena bawang goreng bikin cireng jadi bercak-bercak :(
Maka belajarlah dari kesalahan saya, ya.

Selamat menikmati Cireng Ngejreng.

#NulisRandom2015
#day6